Ngopi Bareng, Cara Jitu Bhabinkamtibmas Polsek Siak Hulu Sampaikan Pilkada Damai

SIAK HULU || Sebagai upaya menjaga stabilitas dan keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Polsek Siak Hulu terus melakukan berbagai pendekatan kreatif kepada masyarakat.

Salah satu inisiasi yang menarik perhatian publik adalah “Ngopi Bareng” yang digagas oleh Kapolsek Siak Hulu AKP Asdisyah Mursyid SH, melalui jajarannya yaitu Bhabinkamtibmas.

Gagasan Kapolsek ini pun dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Pangkalan Baru, Aiptu Adi Suryono bersama Bhabinkamtibmas Desa Kubang Jaya Bripka Sugandi SH, di salah satu warung pinggir jalan lintas timur, Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Selasa (22/10/24).

Pendekatan kreatif ini bertujuan untuk mensyiarkan pentingnya Pilkada Damai 2024 melalui dialog santai dengan masyarakat, sambil menikmati seduhan secangkir kopi.

Dengan suasana yang hangat dan penuh keakraban, Bhabinkamtibmas duduk bersama dengan tokoh pemuda tempatan membicarakan pentingnya menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif menjelang pilkada.

“Di antara obrolan ringan yang ditemani segelas kopi, pesan damai pun disampaikan dengan cara yang santai namun penuh makna. Pendekatan informal seperti ini lebih efektif dalam membangun kedekatan dan menyampaikan pesan penting,’’ ucap kedua Bhabinkamtibmas yang dikenal rajin bersosialisasi dengan semua kalangan itu.

Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja SIK saat dikonfirmasi oleh media melalui Kapolsek Siak Hulu AKP Asdisyah Mursyid SH menyampaikan, bahwa program ini adalah salah satu bentuk pendekatan humanis Polri dalam menjaga stabilitas keamanan di tengah masyarakat.

“Lewat ngopi bareng dan obrolan santai, kami ingin merangkul masyarakat dari berbagai kalangan untuk memahami betapa pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan selama proses pilkada serentak berlangsung. Selain itu, suasana informal seperti ini mendorong masyarakat lebih terbuka dalam menyampaikan aspirasi, kekhawatiran, serta pendapat mereka tentang pilkada,’’ kata AKP Asdisyah Mursyid, Selasa (22/10/2024).

“Lewat obrolan santai ini, kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah,” katanya lagi.

Dialog yang berlangsung akrab tersebut, juga membahas isu-isu penting seperti penyebaran hoax, ujaran kebencian, serta pentingnya bersikap netral dan tidak termakan propaganda politik yang berujung memicu konflik.

‘’Cara ini lebih jitu dan efektif daripada kegiatan resmi atau secara formal yang dirasa kaku dalam menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat,’’ ungkap Kapolsek Kampar Kiri Hilir pada masanya yang dikenal tegas dan ramah ini.

Kapolsek Siak Hulu mengharapkan semoga dengan upaya yang telah dilakukan dapat menyukseskan dan mewujudkan pilkada serentak berlangsung dengan damai dan kondusif.

‘’Semoga upaya yang telah dilakukan ini dapat menjadi salah satu pondasi kuat dalam mewujudkan pilkada yang aman, damai dan sukses yang digelar di tahun 2024 ini,’’ pungkas mantan Kasat Reserse Narkoba Polres Kampar itu dengan penuh harapan. ***