Masyarakat Inhil Puji Program UMKM yang Ditawarkan Nasir Wardan

INHIL || Kaum perempuan di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sangat mendukung program Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut 2, H Muhammad Nasir – H Muhammad Wardan. Salah satu program Nasir Wardan Riau Bersatu (Nawaitu) yang mendapat apresiasi besar adalah bantuan bagi pelaku UMKM.

Dukungan dan apresiasi ini disampaikan tokoh perempuan muda Inhil, Retno Dwi Anjani saat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Riau, H Muhammad Wardan menggelar kampanye dialogis di Desa Sapta Jaya, Kecamatan Pulau Burung, Jumat (18/10/2024). Kampanye di desa eks transmigrasi ini dihadiri ratusan masyarakat setempat.

“Kami sangat merespon positif dan mendukung program dari pasangan Nawaitu, terutama bantuan buat industri rumah tangga,” ungkap Retno.

Retno berharap, program Nawaitu ini akan menciptakan peluang usaha di kalangan kaum perempuan di desa, seperti pembuatan kue, tempe, keripik yang yang dapat dipasarkan ke luar desa.

“Selama ini kami selama ini tidak memiliki akses untuk mendapatkan pelatihan dan bantuan kredit bagi industri kecil ini. Dari Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang ada, hanya Nasir Wardan yang konsen membantu UMKM. Ini harus kita dukung bersama dengan mengantarkan kemenangan Nasir Wardan 27 November nanti,” sebut Retno.

Tak hanya itu, lanjut Retno, masyarakat Inhil juga sangat mendukung bantuan lainnya yang akan dikucurkan pasangan Nawaitu berupa bantuan bagi petani dan bantuan seragam sekolah gratis dari tingkat SD sampai SMA.

Sementara itu, Cawagub Riau, H Muhammad Wardan menegaskan memang pemberdayaan kaum ibu melalui bantuan UMKM menjadi prioritas pasangan Nawaitu, dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat sampai desa.

“Ini memang menjadi prioritas kami, dalam upaya menumbuhkan ekonomi baru, terutama bagi ibu-ibu pelaku industri yang berada di desa-desa,” ujar Wardan.

Untuk memperkuat dan mendukung pemberdayaan industri kecil di kalangan kaum ibu, papar Wardan, akan dibuat lembaga pelatihan keterampilan bagi kalangan muda dan kaum ibu.

“Instansi terkait seperti Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Perdagangan akan dimaksimalkan peran agar program ini dapat berjalan dengam baik. Selain itu, hasil dari industri yang dihasilkan tersebut akan dibantu dari sisi manajemen dan pemasarannya. Sehingga hasilnya dapat dinikmati ibu-ibu para pelaku UMKM,” ucap Wardan yang merupakan Bupati Inhil 2 periode.(yan)