Gelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme, Begini Arahan Brigjen TNI Sugiyono

PEKANBARU || Korem 031/Wira Bima kembali menggelar kegiatan Pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan tema “Membendung Radikalisme dan Separatisme Melalui Penguatan Karakter Generasi Muda Bangsa”. Kegiatan ini merupakan upaya nyata Korem dalam mencegah dan menangkal ancaman radikalisme serta separatisme di wilayah Korem dengan melibatkan peran aktif generasi muda.(23/10/24)

Dalam kegiatan tersebut, Danrem yang di wakili Kasrem 031/WB Kolonel Kav Eko Agus Nugroho, S.I.P., M.Si. menyampaikan bahwa radikalisme dan separatisme adalah ancaman nyata yang dapat merusak keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karena itu, generasi muda sebagai penerus bangsa harus memiliki karakter yang kuat serta kesadaran penuh akan pentingnya menjaga persatuan.

“Kegiatan ini diadakan untuk membekali generasi muda dengan pemahaman yang benar mengenai bahaya radikalisme dan separatisme serta menguatkan semangat cinta tanah air. Melalui pembinaan ini, kami berharap dapat mencetak generasi muda yang tangguh dan mampu menangkal paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila,”ujarnya.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan pelajar, mahasiswa, organisasi pemuda, dan tokoh masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus memperkuat sinergi antara TNI dengan masyarakat dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional. Diskusi dan sesi tanya jawab interaktif juga diadakan untuk menggali lebih dalam pemahaman peserta tentang langkah-langkah yang dapat diambil dalam menghadapi penyebaran paham radikal.

Dengan adanya kegiatan ini, Korem berharap dapat meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat akan pentingnya pencegahan radikalisme dan separatisme sejak dini, terutama di kalangan generasi muda. Kesadaran ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap kritis terhadap informasi yang mengandung ideologi radikal serta memupuk kecintaan terhadap Pancasila dan NKRI.(**Red)

Penulis: A-R