Pemko Pekanbaru Berharap Jalan Tol Di Kecamatan Segera Dibangun

PEKANBARU || Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berharap jalan tol di Kecamatan Rumbai yang nantinya menghubungkan Tol Pekanbaru-Dumai dengan Tol Pekanbaru-Bangkinang bisa segera dibangun.

“Harapan kita tentu tol ini bisa segera dibangun,” kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution ST M.Si, Rabu (25/9/2024).

Ia menyampaikan, saat ini pembangunan jalan tol tersebut sudah tahap pembebasan lahan. Total terdapat sekitar 900-an persil lahan milik warga yang harus diganti rugi.

Dari 900-an persil lahan itu, terang Indra Pomi, sekitar 400-an di antaranya sudah tahap negosiasi harga dengan warga pemilik lahan.

“Kalau misalnya sudah ada (pemilik lahan) yang setuju (dengan harga ganti rugi yang ditawarkan), itu sah-sah saja,” ujarnya.

Disebutkan Indra Pomi, harga ganti rugi yang ditawarkan kepada warga pemilik lahan sesuai dengan penilaian yang dilakukan tim appraisal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Tinggal nanti tim bisa meyakinkan mereka bahwa kita sudah melakukan upaya terbaik dan dapat kesepakatan dengan masyarakat pemilik tanah,” tutupnya.

Seperti diketahui, dalam pembangunan jalan tol penghubung Tol Pekanbaru-Dumai dengan Tol Pekanbaru-Bangkinang ini, Pemko Pekanbaru diberi tugas untuk membantu pembebasan lahan yang terdampak pembangunan.***