Kodim 0313/KPR Dukung Peningkatan Kemandirian Masyarakat Melalui Pemberdayaan UMKM

BANGKINANG || Dalam rangka meningkatkan kemandirian masyarakat dan mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Kodim 0313/KPR menyelenggarakan kegiatan Bakti Kemandirian Masyarakat TA 2024. Dengan tema “Membangun Masyarakat Mandiri Yang Tangguh Melalui Pemberdayaan Potensi Wilayah” yang berlangsung di Aula Makodim 0313/KPR. Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 0313/KPR Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho S.H.,M.I.P., yang diwakili oleh Pasi Log Kapten Arm Hadi Prayitno, Disperdagkop UMK, bapak Dedi Irawan S.sos, para Babinsa perwakilan dari Koramil jajaran Kodim 0313/KPR, Serta masyarakat pelaku UMKM,19/09/24.

Dalam sambutannya, Dandim 0313/KPR yang diwakili oleh Pasilog menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini dan menyatakan dukungan penuh Kodim terhadap upaya peningkatan kemandirian masyarakat melalui pengembangan UMKM. “Kegiatan ini sangat penting untuk memberdayakan masyarakat dalam hal UMKM. Ke depan, kita harus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM agar dapat berkembang lebih maju,” ujar Pasilog.

Kegiatan tersebut diisi dengan sosialisasi dari Disperdagkop UMK mengenai kewirausahaan dan kiat-kiat sukses dalam menjalankan usaha. Beberapa materi yang dibahas antara lain:
– Pengertian Kewirausahaan: Meliputi sikap mental dan jiwa yang selalu aktif dan kreatif dalam berusaha untuk meningkatkan pendapatan.
– Ciri-ciri Berjiwa Wirausaha: Jujur, minat, motivasi, positive thinking, kemampuan mengelola risiko, etos kerja, dan tanggung jawab.
– Sektor Wirausaha: Industri, perdagangan, dan jasa.
– Arti Wirausaha: Orang, peluang, dan optimis.
– Syarat Wirausaha: Keahlian, bakat, mental, kreativitas, inovasi, kemampuan mengelola risiko, dan kemampuan bersaing.
– Unsur Penting Wirausaha: Pengetahuan, keterampilan, sikap mental, dan kewaspadaan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka sehingga mampu mengembangkan usahanya dan meningkatkan perekonomian keluarga. Kodim 0313/KPR berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM di wilayahnya dan mendorong terwujudnya masyarakat yang mandiri dan tangguh.