SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMBUATAN ARANG BRIKET DARI LIMBAH SAWIT

Siak, Riauberantas – Mahasiswa Kukerta UNRI 2023| Penghasil energi yang bebas polusi, mudah diaplikasikan, fleksibel, serta mampu mengurangi limbah industri dan ramah lingkungan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat banyak diminati oleh masyarakat Desa Dayang Suri, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak Sri Indrapura (8/8/2023)

Briket arang dari tempurung kelapa sawit bisa menjadi alternatif bahan bakar untuk berbagai macam keperluan. Briket dari tempurung kelapa sawit disukai karena memiliki energi kalor yang cukup besar sehingga menghasilkan panas lebih tinggi dibandingkan dengan briket arang kayu biasa.

 

Selain sebagai bahan bakar alternatif, arang tempurung kelapa sawit juga menyimpan nilai ekonomis yang lebih tinggi lagi. Tempurung kelapa sawit yang dijadikan arang dapat ditingkatkan nilai ekonomisnya dengan menjadikannya karbon aktif.

 

Indonesia menjadi negara penghasil sawit terbesar ke 2 di dunia ini menjadikan Indonesia negara dengan lahan sawit terbesar termasuk di RIAU, dari luas lahan sawit yang ada di Indonesia dan pabrik pabrik besar sawit yang ada kita bisa memanfaatkan limbah dan mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah yang dihasilkan pabrik, contohnya yaitu pelepah sawit, dan cangkang sawit yang Dimana kamu manfaat untuk kami jadikan arang briket.

Pelepah sawit biasanya di tumpuk dan dibiarkan di bawah pohon sawit dan dibiarkan lapuk dengan sendirinya, hal ini sangat berbahaya karena tumpukan pelepah dan daun nya akan menjadi sarang ular yang akan membahayakan pemanenan sawit, sedangkan cangkang biasanya di beberapa pabrik cuman dibiarkan begitu saja dan biasanya dijadikan tumbuhan.

Maka dari itu kami tergerak untuk memanfaatkan limbah yang ada dan mensosialisasikan sekaligus mempraktekkan cara pembuatan arang briket dari limbah sawit kepada masyarakat kampung dan pemuda karang taruna agar bisa di manfaatkan dengan baik.

Indonesia menjadi negara salah satu penghasil arang briket terbaik di dunia, hal ini menyebabkan permintaan arang briket dari luar negri sangat lah tinggi.

 

Tujuan proker ini di lakukan Karna melihat potensi yang ada di desa dan mengurangi limbah sawit yang ada, dan dapat menambah nilai ekonomis bagi warga kampung Dayang suri yang diharapkan bisa memanfaatkan potensi limbah sawit yang ada.

 

Untuk target yang dituju yaitu yang utama adalah karang taruna dan warga kampung Dayang suri.

 

Arang briket adalah bahan bakar padat yang mengandung karbon, mempunyai nilai kalori yang tinggi, dan dapat menyala dalam waktu yang lama.

 

 

Manfaat arang briket sawit yaitu busa digunakan untuk memanggang makanan, manjadi bahan bakar suatu alat, seperti dapat mengganti batu bara,

Selain dijadikan arang Briket, cangkang sawit kini bisa digunakan untuk pengganti batu bara, dan pelepah nya bisa di manfaatkan, jadi semua bagian sawit berguna.

 

Keunggulan arang briket sawit dari arang biasa yaitu arang briket dapat menyala lebih lama di bandingkan arang biasa, dan tanpa asap.

 

Harapan kami dari sosialisasi dan pelatihan arang briket sawit ini masyarakat dan pemuda karang taruna dapat menerapkan atau mempraktekkan apa yang telah kami sampaikan kan, Karna pemanfaatan limbah sawit ini dapat nambah unit UMKM kampung Dayang suri dan menambah nilai ekonomis bagi warna yang memanfaatkan untuk memproduksi arang briket dari limbah sawit.

 

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan arang briket dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 8 Agustus 2023 pada pukul 14.00 sampai pukul 17.00, kegiatan ini dihadiri oleh pemuda kampung dayang suri dan ketua karang taruna kampung dayang suri. Kegiatan ini dilakukan dalam hal penyampaian manfaat arang briket dan pemanfaatan limbah sawit khusus nya yang ada di kampung dayang suri.

 

Media penyampaian materi menggunakan sistem presentasi yang disampaikan langsung oleh pemateri dari anggota kukerta unri yakni Nauval Rahmadian sekaligus selaku PJ dari program ini dan Aysha Fadilla selaku moderator pada kegiatan ini.

Setelah presentasi dilanjutkan dengan praktek pembuatan arang briket yang dilaksanakan oleh panitia acara dan juga dipraktek kan langsung oleh perwakilan peserta.

Praktek ini menimbulkan antusias dari peserta yang ingin mencoba menguji pembuatan dan juga menguji pembakaran dari arang tersebut, antusias peserta ingin tau apakah manfaat dan hasilnya sesuai dengan yang telah disampaikan oleh pemateri.

Arang briket yang dipraktek juga sesuai dengan yang disampaikan sehingga peserta merasa tertarik untuk memperhatikannya dan mencobanya.

 

Harapan kami dari kelompok kukerta unri bisa memberikan pelatihan yang bermanfaat bagi pemuda” kampung dayang suri dan bisa menjadi inovasi bagi masyarakat untuk bisa lebih memperhatikan pemanfaatan limbah terutama limbah yang paling banyak di kampung dayang suri yaitu limbah sawit, selain itu juga diharapkan inovasi ini nantinya akan membuka lapangan pekerjaan baru atau usaha baru dari masyarakat yang dapat dikembangkan hingga keluar daerah.

Penulis: Mahasiswa Kukerta UNRI 2023Editor: Randi***