Memperingati 1 Muharram KKN Universitas Riau Mengadakan Perlombaan dan Pawai di Desa Gunung Malelo 

GUNUNG MALELO, Riauberantas – KKN Universitas Riau https://unri.ac.id Universitas Riau Bersama Masyarakat Desa Gunung Malelo berkumpul untuk meramaikan Tahun Baru Islam melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Dengan mengajak anak-anak serta seluruh lapisan Masyarakat di Desa Gunung Malelo untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif dan bernilai pahala.

 

Melalui koordinasi dengan perangkat desa, mahasiswa KKN Universitas Riau diberikan izin untuk membuat kegiatan peringatan Tahun Baru Islam dalam rentang 10 hari setelah 1 Muharram. Kegiatan dimulai dengan perlombaan yang diikuti oleh anak-anak dan ibu-ibu se-Desa Gunung Malelo kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan pawai obor serta tausiah oleh Ustadz Nazriel Abdul Muluk LC.MA. Kegiatan perlombaan dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 25, 27, dan 28 juli 2023.

 

Selasa, 25 Juli 2023 tepatnya pukul 13.00 WIB di Masjid Nurul Iman Gunung Malelo, anak-anak berkumpul untuk mengikuti dan menyaksikan perlombaan cerdas cermat tentang ilmu agama islam tingkat Sekolah Dasar. Perlombaan ini berhasil menciptakan atmosfer semangat dan persaingan yang tinggi di antara para peserta yang berjuang untuk meraih gelar juara.

 

Setelah itu, pada hari Kamis, 27 Juli 2023 diselenggarakan perlombaan Pidato Cilik (PILDACIL) dan Tahfizh tingkat anak-anak. Di dalam perlombaan ini, anak-anak berpartisipasi aktif dan menjunjung sportifitas yang tinggi.

 

Hari berikutnya pada Jumat, 28 Juli 2023 tepatnya dimulai pukul 09.00 WIB, ditempat yang sama yaitu di Masjid Nurul Iman Desa Gunung Malelo, diadakan perlombaan adzan tingkat anak-anak dan estafet Surah Yasin antar ibu-ibu per dusun. Tak kalah meriah dari hari-hari perlombaan sebelumnya, perlombaan ini melahirkan semangat kekompakan bagi para peserta.

 

Puncak dari rangkaian acara peringatan tahun baru Islam dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Juli 2023. Pada malam hari ini, diselenggarakan Pawai Obor yang dihadiri oleh anak-anak dan seluruh lapisan masyarakat. Pawai ini berhasil dilaksanakan dengan meriah dan kemudian dilanjutkan oleh pengumuman pemenang serta pembagian hadiah bagi peserta lomba.

 

Rangkaian acara pun diakhiri dengan mendengarkan tausiah dari Ustadz Nazriel Abdul Muluk LC.MA.

 

Acara 1 Muharram yang bertemakan “Mempererat Persaudaraan dan Membangun Karakter Islam dalam Diri” telah sukses dilaksanakan dan diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi serta memberikan manfaat kepada anak-anak dan ibu-ibu Desa Gunung Malelo.