MAHASISWA KUKERTA UNRI BERKOLABORASI DENGAN MAHASISWA KUKERTA UIN SUSKA RIAU MELAKSANAKAN SEMARAK MUHARRAM

Rokan Hulu, Riauberantas – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau (UNRI) memeriahkan peringatan 1 Muharram 1445 H bersama dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu–Minggu, 29-30 Juli 2023 di Masjid Tawakal, Desa Pendalian, Kecamatan Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu. Peringatan 01 Muharram 1445 H ini dimeriahkan dengan dilaksanakannya beberapa perlombaan yaitu, Sambung Ayat, Praktik Shalat, Adzan, Busana Muslim dan Pilihan Da’i Cilik (PILDACIL). Kegiatan perlombaan diikuti oleh puluhan peserta dari TPA dan TPQ Desa Pendalian tingkat Taman Kanak-Kanak(TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Mewujudkan Generasi Islami yang Berlandaskan Iman, Amal dan Ilmu”.

Ketua Pelaksana, Vito Ramadhan menyampaikan dalam kata sambutannya “Terimakasih kepada seluruh pihak terlibat terlaksananya peringatan 01 Muharram 1445H dan Bpk/Ibu yang sudah hadir dalam kegiatan ini. Harapan dari kami sebagai panitia pelaksana dengan adanya kegiatan perlombaan peringatan 01 Muharram 1445 H ini dapat memotivasi adik-adik untuk dapat lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki serta agar semakin giat dalam belajar agama” ucapnya, Sabtu (29/07/2023).

 

Sementara itu, Kepala Desa Pendalian, Bpk. Darwis dalam kata sambutannya sekaligus membuka kegiatan peringatan 01 Muharram 1445 H menyampaikan “Saya sangat mengapresiasi adanya kegiatan peringatan 01 Muharram 1445 H yang diadakan secara kolaboratif oleh Mahasiswa KUKERTA UNRI dan UIN SUSKA Riau di Desa Pendalian” ujarnya.

 

Kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam merupakan agenda rutin yang dilaksanakan masyarakat Desa Pendalian, yang berbeda dalam tahun baru islam tahun ini adalah Mahasiswa KUKERTA UNRI dan UIN SUSKA RIAU dibantu oleh masyarakat Desa Pendalian berkolaborasi untuk melaksanakan Semarak Muharam dengan mengadakan perlombaan-perlombaan.

 

Dan dalam pelaksanaan perlombaan-perlombaan ini terdapat satu perlombaan yang belum pernah dilaksanakan ditahun sebelumnya yaitu perlombaan Busana Muslim. Kegiatan ini melibatkan KADES, Ka. TPA/TPQ, Masyarakat dan Mahasiswa KUKERTA UNRI dan UIN SUSKA Riau.(RH)