Terkait Larangan Takbir Keliling Idul Adha, Ini Penjelasan PJ Walikota Pekanbaru Muflihun

PJ Walikota Pekanbaru Muflihun

Pekanbaru – Beredar kabar tentang adanya larangan takbir keliling dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah Pj Walikota Pekanbaru Muflihun  menyampaikan bahwa aturan itu sudah tertuang dalam Surat Edaran  Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 668 tahun 2022 tentang penetapan 1 Zulhijjah dan Idul Adha 1443 Hijriah.

Lewat keterangan persnya PJ Walikota Pekanbaru menjelaskan tidak ada Pemerintah Kota Pekanbaru melarang untuk melaksanakan takbiran keliling untuk menyambut Idul Adha tahun ini

“Ini informasi perlu kami luruskan, sebab kami hanya mengambil kebijakan pada Surat Edaran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 668 tahun 2022 tentang penetapan 1 Zulhijjah dan Iduladha 1443 Hijriah, dari sanalah pemko mengacu,,” jelas Muflihun kepada wartawan, Selasa malam ( 05/07/2022).

Pemko Pekanbaru, kata Muflihun ingin saja melakukan takbiran keliling. Pada rapat Muspida kemarin bukan ia tidak menyetujuinya.

“Kami ingin saja melakukan takbiran keliling, tetapi ini intruksi dari Kemenag, tentu dalam hal ini Pemko harus mengikutinya, jelas ini intruksi,” kata Muflihun.

Dalam Poin E, terang Muflihun bahwa masyarakat diimbau untuk mengumandangkan takbir pada malam hari raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi dan hari tasyrik di masjid, mushola atau rumah masing-masing

“Inilah dasar Pemko Pekanbaru untuk mengikuti intruksi Kemenag, tetapi kita diberi perintah untuk menggelar takbir seperti di masjid, mushola atau rumah masing-masing. Kalau saya pribadi ingin saja agar takbiran keliling ini digelar, sekali lagi saya pribadi harus meluruskan kabar yang beredar, saya berharap semua masyarakat Pekanbaru memahami ini,’terannya.

Sebelumnya, telah heboh di media sosial sejumlah warga Pekanbaru mengaku kecewa  atas tidak dibolehkannya pawai takbiran keliling kota memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Ditambah lagi pada Jumat (24/6/2022) lalu Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar konser musik yang mengumpulkan ribuan warga di depan kediaman Walikota Pekanbaru dalam rangka HUT Kota ke-238.***red/rfm